28 Mar

Beri Perlindungan Keselamatan, Ribuan Nelayan Terima Kartu Asuransi

Ribuan nelayan yang tersebar di Kecamatan Besuki patut berbahagia, kemarin (26/3). Pasalnya, ribuan nelayan mendapatkan perhatian serius dari Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo. Ribuan pencari ikan itu mendapatkan bantuan kartu asuransi sebagai bentuk keseriusan pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada nelayan dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Penyerahan kartu asuransi secara simbolis diserahkan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kecamatan Besuki.
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo, Eko Prayudi melalui Kasi Peningkatan Kapasitas dan Pendampingan, Totok Wijayanto mengatakan, asuransi nelayan tersebut merupakan program nasional yang muaranya untuk memberikan rasa aman kepada para nelayan selama bekerja mencari ikan dilaut.
Selain itu, urai Totok, para nelayan bisa termotivasi dalam mengoptimalkan potensi sektor perikanan dan kelautan di Kecamatan Besuki, Situbondo. “Ini merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan asuransi PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo),” ungkap Totok.
Masih kata Totok jumlah nelayan yang ada di Kecamatan Besuki menerima 1.674 kartu asuransi. Program ini, diharapkan dalam waktu dekat seluruhnya bisa segera direalisasikan, terutama bagi Kecamatan yang belum menerima kartu asuransi.
Menurut dia, program ini masuk kata katagori nasional dimana sangat membantu nelayan di Kecamatan Besuki. “Meski bantuan yang diberikan pemerintah hanya sebatas pembayaran premi iuran sebesar Rp 175.000 setiap tahunnya, program cukup membantu nasib para nelayan dalam menjalankan tugasnya dalam mencari ikan,” kupasnya.
Sementara itu Roi Hidayat Kabid Pemberdayaan Nelayan pada Dinas Perikanan Situbondo ini menambahkan, pihaknya akan terus menggencarkan sosialisasi asuransi nelayan ke desa-desa agar para nelayan semakin memahami manfaat program asuransi tersebut. Selain itu, imbuh Roi, para nelayan akan merasakan dampak positif program tersebut dengan baik.
“Asuransi yang diberikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI kepada nelayan ini berlaku selama satu tahun sejak kartu diterbitkan. Selain itu para nelayan juga mendapatkan bantuan gratis jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti kecelakaan kerja, baik di laut maupun di darat,” pungkas Roi Hidayat.
Roi menuturkan, dengan program ini jajarannya berharap seluruh nelayan di Kabupaten Situbondo akan tenang dalam menjalankan aktivitasnya selama mencari ikan di laut. “Selain itu yang paling dirasakan para nelayan adalah mereka akan semakin tekun dan giat dalam mencari nafkah dengan mencari ikan di laut,” pungkas Roi Hidayat.[awi]

SUMBER : http://harianbhirawa.com/2018/03/beri-perlindungan-keselamatan-ribuan-nelayan-terima-kartu-asuransi/

Berita

Arembheg sareng Pokdarwis dan Komunitas Backpacker Situbondo
2019-05-13

Arembheg sareng Pokdarwis dan Komunitas Backpacker Situbondo

Pembukaan Ramadhan Festival Kampung Kerapu
2019-05-10

Pembukaan Ramadhan Festival Kampung Kerapu

Raihan Terbaik Situbondo untuk Kinerja Tahun 2018
2019-02-06

Raihan Terbaik Situbondo untuk Kinerja Tahun 2018